Kaliadem: Keindahansekaligus Saksi Letusan Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Gunung ini terakhir kali meletus tahun 2010 yang memuntahkan semburan awan panas dan jutaan kubik material vulkanik. Bencana dasyat tersebuttelahmemakan banyak korban jiwadan kehilanganharta benda. Lebih dari itu bencana ini juga telahmemusnahkan hampir seluruh daerah di sekitarnya. 

Kaliadem berjarak sekira30 km dari Kota Yogyakarta kearah utara.Daerah ini merupakan sungai atau ngarai aliran lahar yang terletak di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta. Sebelum mendaki Gunung Merapi, Anda akan melewati kawasan Kaliadem ini.  Kaliadem bersuhu sejuk dengan udara yang sedikit dingin. Sebelum diterjang material vulkanik Gunung Merapi, Kaliadem dahulu merupakan pemandangan hutan pinus yang hijau dan lebat. Akan tetapi,kini pemandangan tersebut sangat berbanding terbalikkarenayang terlihat hanya pemadangan lahan kosong yang tertimbun oleh pasir dan bebatuan berbagai ukuran. 

Saat bencana dahsyat itu melanda kawasan ini, jutaan kubik material vulkanik meluncur cepat dari puncak gunung dengan kecepatan sekira 70 km/jam. Luncuran material vulkanik tersebut menciptakan sebuah aliran berbentuk ngarai besar di Kaliadem yang sampai saat ini dapat Anda lihat sisa-sisanya.

Akant tetapi, seperti pepatah mengatakan bahwa selalu ada hal baik dari sebuah bencanamaka hal itu terjadi di kawasan ini.Dahulu material vulkanik tersebut menjadi ancaman sangat berbahaya bagi masyarakat yang hidup di sekitar Gunung Merapitetapikini abu vulkanik dari Gunung Merapi tersebut memberikan kesuburan pada tanah di sekitar Kaliadem.Masyarakatsekitarmemanfaatkan pasir vulkanik tersebut sebagai lahan untuk mecari nafkah. Tidak hanya itu, pemandangan di Kaliadem juga terlihat memesona.Anda dapat menyaksikan panoramalahan pasir dan bebatuan dengan berbagai bentuk. Sementara itu, dibagain lainnya terlihat pepohonan pinus yang dulu hangus kini mulai tumbuhkembali. Kaliadem berubah menjadi tujuanwisata alam tempat menikmati keindahan Gunung Merapi sekaligus menyaksikan bukti bahwa alam memiliki cara untuk menyeimbangkan dirinya. 

Dari Kaliadem ini, Anda bisa menyaksikan betapa gagahnya Gunung Merapi yangterlihat begitu memesona apalagi ketikacuaca sedang cerah. Ada pula hamparan pasir, bebatuan, lerengsertatebing yang curam menjadi bukti kedasyatan letusan Gunung Merapi. Diarah selatan Anda akan menyaksikan Kota Yogyakarta dari kejauhan. 

Di sepanjang jalan menuju Kaliadem di lereng Gunung Merapi terdapat pedangan-pedagang yang menjajakan makanan dan minuman ringan juga bunga edelwise yang telah dikeringkan. Di sebelah Barat Kali Adem yaitu di Dusun Kinahrejo terdapat makamjuru kunci Gunung Merapi yang terkenal yaitu Mbah Marijan.

Kegiatan 

Menyaksikan sisa-sisa kedasyatan letusan Gunung Merapi di Kaliadem sebelum Anda mendaki Gunung Merapi menjadi pengalaman yang menarik. Hamparan pasir dan bebatuan berbagai ukuran sertatebing yang curam akan membuat Anda takjub bagaimana kedahsyatan bencana saat itu. 

Sempatkan diri untuk berkunjung ke makam Mbah Marijan yang ada di Dusun Kinahrejo. Mbah Marijan adalah juru kunci Gunung Merapi, selama hidup iasudah menjadikan Gunung Merapi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidupnya.Bahkan,saatstatus Gunung Merapisemakin rawan,iatidak pergi meninggalkan Gunung Merapi. Pada letusan Gunung Merapi tahun 2010, Mbah Marijan menjadi salah satu korbannya dan dikenangsebagai sosok pemberani dan setia. 

Anda juga bisa berkunjung ke Kawasan Wisata Bebeng yang terletak di sebelah timur Kaliurang. Kawasan wisata ini dulunya adalah daerah wisata konservasi. Para pecinta alam dan pelajar sering menggunakan kawasan ini sebagai tempat awal pendakian, atau sekedar berkemah. Tidak hanya digunakan sebagai lokasi awal pendakian dan berkemah, Bebeng memiliki pemandangan yang indah serta udara yang segar. Di sisi timur dibatasi oleh Sungai Gendol yang merupakan lokasi penambangan pasir. 

ApabilaAnda masih memiliki waktu cobalah berkunjungke Kaliurang. Kawasan tersebutmenawarkan pemandangan hijau dan udara yang sejuk. Resor ini berada di dataran tinggi sekira900 meter di atas permukaan laut. Merasakan udara sejuk menyentuh kulit Anda  merupakan salah satu hal yang bisa Anda dapatkan di tempatini selain bersantai, berenang dan jalan-jalan. Kenyamanannyaakan membuat Anda betah berlama-lama tinggal di tempat ini. 

Akomodasi 

Tidak ada hotel dan penginapan di sekitar Kaliadem. Wisatawan yang datang berkunjung ke Kaliadem umumnya merupakanwisatawan lanjutan dari dan keYogyakarta dan Merapi. Jadi biasanya mereka menginap di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Berikut bebera informasi hotel di Yogyakarta. 

Hyatt Regency Hotel

 Jl. Palagan Tentara Pelajar, Sleman, Yogyakarta.

Telp: 0274-869123

Sheraton Mustika Hotel

 Jl. Laksda Adisucipto KM 8,7 Yogyakarta.

Telp: 0274-485085

Melia Purosani Hotel        

 Jl. Suryotomo No.31 Yogyakarta

Telp: 0274-589521

The Cangkringan Jogja Villas & Spa Hotel

 Jl. Raya Merapi Golf, Umbulharjo, Cangkringan, Yogyakarta.

Telp: 0274-898180

Grand Aston

 Jl. Urip Sumoharjo No.37 Yogyakarta

Telp: 0274-4566999

Royal Ambarrukmo

 Jl. Laksda Adisucipto No. 81 Yogyakarta

Telp: 0274-488488

Sahid Raya  

 Jl. Babarsari No.2, Caturtunggal,Depok, Sleman, Yogyakarta

Telp: 0274-488888

The Phoenix  

 Jl. Jend. Sudirman No.9 Yogyakarta

Telp: 0274-566617

The Jayakarta Hotel & Spa

 Jl. Laksda Adisucipto KM.8,Yogyakarta

Telp: 0274-488418

Yogyakarta Plaza

 Jl. Affandi-Gejayan, Komplek Colombo, Yogyakarta

Telp: 0274-584222

Berbelanja 

Di sepanjag jalan menuju Kaliadem terdapat pedagang yang menjual bunga edelwise yang telah dikeringkan dengan warna yang berragam. Anda juga bisa membeli foto dan VCDtentang kedahsyatan bencana letusan Gunung Merapiseharga Rp15.000,- sampai Rp50.000,-. 

Untuk pilihan cenderamata, silakan pergi ke daerah Jalan Malioboro. Di sini Anda akan menemukan deratan pedangan yang menjual berbagai cenderamatadan makanan khas Yogyakarta. Di jalan ini juga terdapat Pasar Beringharjo, yaitu pasar yang menjual batik yang dijahit menjadi kemeja, baju tidur, sarung bantal, taplak meja, selendang, kebaya,dan masih banyak lagi. Apabilajika Anda pecinta barang-barang  yang terbuat dari perak, bergegaslah ke Kota Gede yang merupakan pusat kerajinan perak di Yogyakarta. 

Transportasi 

Penerbangan ke Yogyakarta tersediasetiap hari dari Jakarta,Surabaya, danDenpasar. Selain udara, transportasi darat berupa bus dapat dipilih untuk datang ke Yogyakarta.

Jarak Yogyakarta ke Kaliadem sekira30 km dandapatditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau taxi. Angkutan umum jumlahnya terbatas dan tidak sampai ke Kaliademtetapimereka bisa mengantar Anda ke Kaliadem dengan biaya tambahan. 

Tips

  • Sebelum Anda berkunjung ke resor Kaliurang, masukkan beberapa baju hangat ke dalam tas karena udara di sini cukup dingin.
  • Bawalah sepatu yang nyaman karena jalanan di sini belumlahmulus.Hindari daerah bahaya seperti tebing yang terjal dan curamsaat pendakian dan bawa makanan dan minuman secukupnya.
  • Sebelum Anda berkunjung ke Kaliurang, ada baiknya jika Anda mencari informasi mengenai kondisi Gunung Merapi baik dari berbagai media.