Telaga Warna Dieng: Keindahan Fenomena Alam di Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng memiliki sejuta keindahanyang memukau. Kawasan ini selaindihiasi hijaunya pepohonan dancandi bercorakHindu yang indah, jugaberdiam sebuah bingkisan alam nan indah bernamaTelaga Warna Dieng.Berlokasi di Kecamatan Kejajar Wonosobo, telaga inimerupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.Untuk mencapainyadariWonosobo Anda dapat berkendara sekira 25km.

Harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersihmembuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat. Anda juga akan merasakan suasana mistis yang hening disempurnakan oleh kabut putihdan pepohonanyang melingkupinya. Tidaklah lengkap menyambangi Dieng tanpa melihat langsung keindahan Telaga Warna Dieng. Selain itu dari sini Anda dapat melanjutkan mengunjungi Telaga Pengilon, Goa Sumur, Goa Semar, Goa Jaran, dan Kawah Sikendang ini.

Dinamakan Telaga Warna karena fenomena alam yang terjadi di tempatini yaitu berupa pergantian warna airdari telaga tersebut. Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena di dalam air tersebut terdapatkandungan sulfur cukup tinggi sehinggasaatsinar Matahari mengenainya maka warna air telaga nampak berwarna warni. Anda bisa menyaksikan di tengah telaga terdapat letupan air mendidihseperti yang adadi Kawah Putih(Jawa Barat).

Keberadaan Telaga Warna Dieng juga sangat berguna bagi masyarakat sekitar.Mereka menggunakannyasebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas utama di kawasan ini. 

Kegiatan 

Anda dapat menyusuri tepian telaga ini dan ada juga balkon kecil untuk duduk bersantai sambil menikmati udara dan keanekaragaman fenomena alam yang mengelilinginya. Lokasi paling tepat untuk menikmati keindahan telaga ini selain berada tepat di hadapannya adalah Anda juga bisa mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga. Kondisi menuju bukit inicukup sempit dan licin dan hanya bisa dilalui oleh satu orang saja. Di sini, diantara rimbunnya pepohonan,Anda bisa menyaksikan keindahan telaga berwarna-warni ungu cantik, bergradasi dengan warna hijau di tengah, dan hijau pucat di pusat telaga.

Dieng Plateau Theatermenyediakan informasi lengkap mengenai kejadian alam di sekitar Dieng, jadi sempatkan untuk menyambanginya.

Tidak jauh dari bukit itu terdapat telaga cantik lainnya yatiu Telaga Pengilon. Telaga ini dapat digunakan untuk bercermin karena airnya yang jernih. Penduduk setempat menyebutkan bahwa danau ini bisa mengetahui isi hati manusia.Anda mungkin penasaran, mengapa tidak mencoba datang dan lihat rupa wajah Anda di air telaga ini. 

Di sekitar Telaga Warna Diengtedapat beberapa gua yang juga patut untuk dikunjungisepertiGua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Di depan gua ini terdapat arca wanita dengan membawa kendi. Gua ini juga memiliki kolam kecil yang airnya dipercaya dapatmenyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih cantik. Ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari, dan Gua Jaran Resi Kendaliseto.Selain itu,adapula Batu Tulis Eyang Purbo Waseso. Gua-gua di sekitar kawasan ini seringdijadikan sebagai tempat meditasi. 

Akomodasi 

Banyak wisatawan menginapdi Wonosobo menyempatkan diri berjalan-jalan seharian di kawasan Dieng.Akan tetapi, apabilaAnda lebih memilih untuk bermalam di Dieng makaterdapat homestay dengan beragam fasilitas dan harga.Anda juga dapat tinggal di rumah penduduk yang dapat disewa dengan harga relatif murah.

Kuliner 

Tidak tersedia fasilias kuliner di sekitar Talaga Warna Dieng jadi disarakan membawa perbekalan sendiri. Jika Anda ingin pilihan kuliner lain maka setelah atau dan sebelum menuju Telaga Warna Diengsempatkan mampir di sepanjang jalan. Di sanaterdapat warung makan dan umumnya adalah bakso, soto dan makanan sejenis lainnya. 

Di Dieng terdapat minuman khas penghangat badan yang biasa disebut purwaceng. Ada juga purwaceng kopi, susu dan purwaceng akar. Ketiganya mempunyai khasiat sama yaitu untuk menghangatkan badan. 

Transportai 

Telaga Warna adalah tujuanwisata di kawasanwisata Dieng, Kecamatan Kejajar Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.Cara termudah untuk menuju tempat ini dengan mengendarai mobil berjarak sekira 3 jam dari Yogyakartaatau 25 km dari Wonosobo.

ApabilaAnda menggunakan transportasi umum maka dapat menggunakan bus dari Yogyakartake Magelang laluke Wonosobo. Dari Wonosobo, gunakan minibus menuju Dieng. Kawasan Dieng dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Desa Dieng. Jika Anda mengendarai mobil maka Anda tersedia areaparkir.

Untuk menuju Telaga Warna Dieng, Anda bisa menggunakan jasa ojek yang tersediadisekitar Dieng. Akan tetapi,jika Anda merasa berjiwa petualang maka bisa berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan Dieng yang memesona. 

Tips 

  • Bawa perbekalan yang mungkin Anda butuhkan selama pejalanan dan ketika berada di lokasi telaga. Jangan lupa sisipkan pakaian hangat di dalam tas Anda.
  • Disarankan untuk meninggalkan kawasan Dieng sebelum malam hari karena Dieng mulai ditutupi kabut yang tebal sejak sore hari.
  • DiGua Semar dan Gua Sumur dipagari pintu masuknya dan perlu izin dari juru kunci. 
  • Telaga ini dianggap sebagai tempat sakral dandianjurkan untuk menjaga tutur kata selama berada di kawasan ini.
  • Jangan membuang sampah sembarangan demi kebersihan dan keberlangsungan wisata di kawasan Telaga Warna Dieng.