Pantai Gapang: Tempat Backpackers Menikmati Taman Firdaus Dunia

Keterangan
Pantai Gapang di Pulau Weh adalah salah satu pilihan para penjelajah dunia (backpackers) setelah merapat di Pelabuhan Balohan kemudian meluncur ke bagian barat pulau sekitar 1 jam perjalanan. Inilah destinasi yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Sabang sendiri merupakan kota terbesar di Pulau Weh yang berada di sisi utara melalui jalur timur. Dengan bermodal sekantung penuh waktu, Pantai Gapang adalah tujuan sempurna merasakan kenikmatan berlibur di tepi paling barat Indonesia.
Mengapa pantai yang indah ini dinamakan Gapang, ternyata terkait dengan menjulangnya pohon-pohon yang berdiri tepat di tepi pantai yang bersih yang nama pohon Gapang. Pilihan Anda hanya dua, menyinari diri dengan kehangatan matahari setelah berjam-jam mencemplung di air laut bersuhu nyaman. Pilihan kedua adalah tidur santai di bawah teduhnya Pohon Gapang sambil mengenyahkan pikiran tentang pekerjaan sehari-hari. Bagi para backpackers, di sinilah waktu seakan telah berhenti berputar untuk mereka.
Di sepanjang pantai, puluhan resort penyelaman dan rumah tumpangan berdiri membentuk perkampungan yang tidak pernah dilupakan pengunjungnya. Tidak hanya itu, para backpacker dan penyelam dunia mengguratkannya dalam jurnal perjalanannya mereka di dunia maya. Ketika itu pula, ratusan bahkan ribuan backpacker lainnya yang belum sempat menapakkan kaki telanjangnya di pasir Pantai Gapang membaca jurnal tersebut dan menyimpannya di agenda perjalanan mereka berikutnya.
Memandang jauh ke lepas pantai yang biru, kopi aceh serasa menjadi penenang kerisauan yang biasanya muncul di siang hari saat bekerja. Pemandangannya sungguh menyejukkan batin. Bila melihat keindahan Pantai Gapang di halaman situs dunia maya, jelas bahwa pantai ini adalah inspirasi terhebat bagi fotografer. Keheningannya membuat Anda bertanya, mengapa pantai seindah ini tak banyak yang menikmatinya. Apa pun itu, di sinilah taman firdaus di dunia tersembunyi.
Tak dapat dibandingkan dengan kawasan backpackers lainnya yang berada di sekitar segitiga backpacker rendez vous, Pantai Gapang menjanjikan keheningan tak berbanding yang tidak didapatkan di Phuket, Langkawi, atau Penang. Backpackers terus memuja Pantai Gapang dan selalu menjadikannya destinasi favorit.
Kegiatan
Menyelam dan snorkeling selalu menjadi kegiatan yang paling utama ditawarkan di Pantai Gapang. Tarifnya biasanya tak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Untuk snorkeling biasanya pengunjung mendapatkan perlengkapan sewaan yang disediakan di sekitar pantai dan resort sekitar. Begitu pula untuk penyelaman, pusat olah raga selam atau dive center sudah banyak beroperasi di Pantai Gapang.
Berperahu mengitari kawasan pulau yang masih belum tersentuh ini pun menjadi alternative kegiatan di Pantai Gapang.
Treking mendaki puncak tertinggi di Pulau Weh juga tersedia dengan memanggil tour guide yang dapat membawa Anda ke puncak Gunung Keris, puncak tertinggi di Pulau Weh. Cobalah untuk menghubungi Mustafa di Gapang dengan nomor telepon genggam 0852 7744 2222.
Selancar angin merupakan salah satu kegiatan yang mulai populer di Pulau Weh, terutama di perairan Sabang yang tenang namun berangin kencang. Kejuaraan selancar angin pernah diselenggarakan di sini.
Memancing pun menjadi salah satu alternatif kegiatan Anda selama di Gapang atau Pulau Weh secara keseluruhan. Di sini ikan berlimpah dan perairannya jarang dikunjungi sebagai titik kegiatan memancing sehingga tak sulit mendapatkan hasil yang memuaskan.
Memancing di laut dalam (deep sea fishing) nampaknya menjadi satu hal yang Pulau Weh dapat tawarkan kepada para pengunjung. Salah satu titik terbaik di dunia ialah di area dekat Pulau Rondo.
Jet ski, ski air dan power boat adalah kegiatan rekreasi yang paling tepat dilakukan di Gapang atau beberapa tempat di Pulau Weh karena memang perairannya yang mendukung. Masyarakat sekitar tak sungkan menerima hal baru yang membuat kehidupan di Pulau Weh semakin meriah dengan kegiatan wisata.
Beberapa tempat menarik di sekitar Pantai Gapang ialah Pantai Iboih, Pulau Rubiah, Tugu Kilometer Nol, hutan lindung tempat berkumpulnya monyet macaque, Pantai Pasir Putih, Air Terjun Pria Laot, pemandian air panas, gunung berapi di Jaboi, serta hydrothermal di lepas pantai Gapang bagi para penyelam.

Akomodasi
Pilihan ada di tangan Anda setelah sampai di Pantai Gapang. Backpackers memiliki pilihan harga dan jenis akomodasi yang beragam mulai dari rumah tumpang atau bungalow dengan dinding kayu yang eksotis seharga Rp80.000,00. Ada pula resort penyelam yang juga memiliki fasilitas hampir sama dengan pelayanan khusus bagi mereka yang memiliki hobi menyelam sekitar Rp250.000,00.
Beberapa pilihan rekomendasi akomodasi untuk Anda adalah berikut ini.
1. Lumba-Lumba Diving Centre. Tel/Fax: 0652 331133, atau 0811682787 dengan website www.lumbalumba.com dan email di info@lumbalumba.com.
2. Leguna Resort: 08126951415 kontak Ibu Linda.
3. Flamboyan Gapang Resort: 081360272270 kontak Ibu Mina.
4. Dang Dang Na Restaurant and Bungalows : 0852 6041 8854, atau 0852 6033 7436 kontak Pak Syukur.
5. Ramadilla: 0815 4304 6668 kontak Pak Danu

Kuliner
Backpacker memiliki kebiasaan mengatur keuangannya dengan baik dengan tetap membuka seleranya yang tinggi. Dengan duduk di tepi pantai dan di kampong penyelam, keduanya dapat dipertahankan dengan nyaman. Banyaknya pilihan tempat makan di Pantai Gapang membuatnya ramai dikunjungi.
Silakan coba kehangatan suasana Gapang Jaya Restaurant, Zero, Buchari’s Limbo Restaurant, Barracuda Restaurant, Mama Jungle’s, Warung Walet, Dat’s Zero Café, dan yang terkenal ialah Dang Dang Na Restaurant. Naguna pun semakin populer di kalangan backpacker karena menyediakan kopi Aceh yang lezat dan nasi gurih.

Berbelanja
Apabila ingin berbelanja beberapa jenis barang luar negeri maka Sabang kini diaktifkan kembali sebagai pelabuhan bebas seperti Batam. Beberapa souvenir menarik dapat ditemukan di Jalan Perdagangan Sabang, seperti cenderamata dari batok kelapa hasil karya masyarakat Desa Ie Meulee-Ujung Kareung. Ada juga kaos t-shirt berdesain unik di Jalan Cut Mutia, Sabang yaitu Distro Piyoh.

Transportasi
Pantai Gapang lokasinya sekitar 17 km dari kota Sabang. Untuk menuju Pantai Gapang, Anda dapat berangkat dari Sabang atau dari Pelabuhan Balohan. Dengan menyewa kendaraan yang dapat disewa secara bersamaan dengan wisatawan lain atau menggunakan angkutan umum.
Pantai Gapang dituju dengan lama perjalanan sekitar 1 jam lebih perjalanan dimana selalu dilewati oleh mereka yang akan menuju ke Tugu Kilometer Nol, Sabang. Ongkos dapat menjadi ringan bila pergi bersama yaitu dan tiap orang bisa mengeluarkan biaya Rp50.000,00 untuk mencapai Iboih.
Perjalanan di pulau Weh sangat mengasikkan karena jalannya naik turun bukit dan menyusuri tepian pantai yang Indah dimana saat diatas bukit kita bisa menikmati pemandangan pantai dan pulau kecil yang indah. Di pulau Weh Anda bisa melihat mobil-mobil CBU beragam dimana sebagian besar adalah mobil bekas yang dibawa dari Singapura atau Malaysia dengan biaya pajak lebih murah tetapi mobil tersebut tidak bisa dibawa keluar dari Pulau Weh.