Anda penikmat kopi perlu datang ke sebuah acara yang digelar oleh Koperasi Komunitas Kopi Indonesia. Akan ada acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’, yang berlangsung di Blok M Square Jakarta Selatan, selama tiga hari pada 2-4 Februari 2018. Kegiatan tersebut rangka membuka cakrawala dan cara pandang para pengunjung dan peserta terhadap keanekaragaman per-kopian Indonesia serta potensi bisnisnya yang besar.
Pameran kopi itu akan mengambil tema “Saatnya Kerja untuk Kopi Indonesia”. Tema tersebut merupakan tantangan bagi semua pihak, terutama komunitas kopi Indonesia, bagaimana kopi nusantara unggul di pasar global dan memenangkan persaingan dengan negara lain. Selama ini kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas potensial yang mendunia namun secara prestasi dunia masih menduduki nomor 4 setelah Brazil, Columbia, dan Vietnam. Komoditas kopi Nusantara diharapkan menjadi produk kreatif dan digabungkan dengan pariwisata yang sama-sama produk kreatif.
Kegiatan yang didukung Kementerian Pariwisata ini menempatkan kopi bagian dari kuliner Nusantara dan menjadikan sebagai minuman nasional. Kemenpar sendiri tengah berupaya untuk memenangkan persaingan kuliner dengan negara lain dengan menetapkan top five makanan nusantara yaitu soto, rendang, nasi goreng, sate, dan gado-gado. Selain itu, juga menjadikan kopi sebagai minuman nasional dan menetapkan destinasi kuliner di Indonesia. Kemenpar telah menetapkan top 3 destinasi wisata kuliner yaitu; Bali, Bandung, Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang).
Acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’ menjadi salah satu kesempatan meningkatkan potensi bisnis kopi Indonesia dengan menguatkan 15 nomenklatur bisnis kopi mulai dari penanaman, pengelolaan paska panen, penjualan kopi, pengelolaan kedai kopi, desain dan perlengkapan kedai kopi, merchandise, oleh-oleh khas daerah, lukisan, pengharum ruangan, hingga bahan campuran pembuatan pakaian.
Video via: Kopi United