Mie Celor: “Spagethi” ala Pelembang

Jangan pernah berhenti mengeksplor kuliner di Palembang karena warganya pun tidak pernah berhenti berkreasi menciptakan masakan-masakan terunik yang pernah lezat puaskan cita rasa Anda. Meskipun satu minggu berada di sini, Anda akan disuguhi oleh menu sarapan yang tidak pernah sama. Setelah pempek, burgo, ataupun laksan, kini giliran mencicipi mie unik khas Bumi Sriwijaya ini yaitu mie celor.

Kuah bertekstur krim dengan warna merah muda pucat merupakan daya tarik pertama yang memikat mata Anda. Kuah khas ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kaldu udang dan ebi sehingga warna merah muda menguat pada tampilannya. Kaldu udang tersebut biasanya dihasilkan melalui rebusan kulit udang beserta santan kental. Itulah mengapa kuah mie celor akan terasa gurih namun memiliki sentuhan rasa santan di dalamnya.

Saat digigit, tekstur mie nya pun unik. Agak kaku seperti mie setengah matang karena proses pembuatan mie ini pun memang tidak direbus. Mie cukup dicelup-celupkan saja ke dalam air panas, orang Palembang kerap menyebutnya dengan “dicelor”. Kemudian dari situlah nama “mie celor” berasal.

Sebagian warung-warung makan di Palembang membuat mie ini homemade, tapi Anda juga bisa menggunakan mie basah yang mudah ditemukan di pasar agar lebih praktis. Bentuk mie yang digunakan berbeda dengan mie telur biasa. Warnanya juga kuning namun ukurannya lebih besar, mirip dengan mie yang digunakan untuk membuat spagethi. Dengan tambahan kuah unik yang mirip dengan saus krim, mie celor pun sekilas mirip dengan hidangan spagethi cream sauce.

Sebagai pelengkap, hidangan ini juga ditambahkan dengan tauge, irisan telur rebus dan taburan bawang goreng. Ada pilihan sambal hijau apabila Anda menginginkan citarasa pedas. Jangan melewatkan mie celor selagi panas karena kenikmatannya akan lebih terasa.

Mie celor kaya akan karbohidrat dan sangat mengenyangkan, terlebih karena kuahnya pun mengandung larutan tepung terigu. Anda cukup memesan setengah porsi apabila berencana menyicipi makanan lain agar tidak terlalu kenyang. Jika ingin membawanya pulang maka mintalah mie dengan kuahnya dibungkus terpisah.

Di Palembang, ada banyak warung-warung makan yang menawarkan mie celor sebagai salah satu menunya, ataupun satu-satunya menu di sana. Berikut ini beberapa diantaranya.

Mie Celor 26 Aslo H.M Syafei Z

Jl. Merdeka, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Tlp. 0813 6889 0101

Tintin Mie Celor

Jl. Kapten Marzuki Np.520, 20 ilir III, Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Tlp. (0711) 353544

Mie Celor 26 Ilir Hj. Latifah

Jl. Mujahidin No.353 E, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Tlp. 0815 0392 2266

Mie Celor Cita Rasa

Jl. Kebumen Darat, 16 Ilir, Ilir Timur, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Tlp. 0821 8576 4400