Menjaring wisatawan pasar Eropa, Indonesia berpromosi dalam Matka-Nordic Travel Fair 2018 di Finlandia. Pameran pariwisata Matka-Nordic Travel Fair merupakan yang terbesar di kawasan Eropa Utara dan telah diakui sebagai event terbaik untuk masuk ke pasar Nordic, Baltic, dan Rusia.
Matka-Nordic Travel Fair merupakan suatu wadah yang memberikan kesempatan bagi kalangan pengusaha pariwisata (travel trade, hotelier, penerbangan) seluruh dunia untuk menjalin hubungan bisnis dibidang pariwisata secara efektif dan efisien. Selain dihadiri oleh kalangan industri pariwisata terkemuka, Matka Nordic juga dihadiri oleh para profesional dan pengambil keputusan di bidang pariwisata, seperti pejabat pemerintah dan organisasi-organisasi non pemerintah serta asosiasi.
Bagi pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata dalam event Matka Nordic ini mempromosikan kepariwisataan Indonesia melalui kegiatan-kegiatan Business to Business. Pada kesempatan itu, pihaknya menggandeng sejumlah industri pariwisata yang terdiri dari Destination Management Company/ Organization (DMC/DMO), tour agents/tour operator (TA/TO), dan hotel untuk turut serta berpromosi di Paviliun Indonesia seluas 60 m2 di Matka-Nordic Travel Fair 2018.
Pavilion Indonesia di acara itu pada tahun ini mengangkat tema Kekuatan Bahari Indonesia Sebagai Negara Maritim dengan Keragaman dan Budaya. Untuk meramaikan paviliun Indonesia, pihaknya akan menampilkan tari-tarian tradisional dan menyajikan minuman khas Indonesia selama pameran berlangsung. Di Paviliun Indonesia juga dihadirkan replika kapal phinisi yang bahan konstruksinya terbuat dari material ramah lingkungan (eco-friendly) mengingat Finlandia adalah negara yang sangat memperhatikan hal-hal terkait lingkungan.
Mengusung tagline “Wonderful Indonesia” dalam ajang ini Indonesia menunjukkan kekayaan alam, kerajinan yang unik, musik, berbagai kekayaan kuliner, destinasi wisata, dan yang paling utama adalah keragaman dan keramahan masyarakatnya. Selain itu, juga dihadirkan Coffee & Mixologist Corner di Paviliun Indonesia yang diharapkan mampu menjadi daya tarik lain pengunjung Matka-Nordic Travel Fair 2017.
Selain itu juga ditampilkan tarian dan kesenian khas Indonesia, pihaknya juga akan menyediakan 1 counter informasi untuk bagi pengunjung yang tertarik untuk melancong ke Indonesia. Di paviliun tersebut juga akan disediakan hand book yang berisi semua informasi dan data tentang beragam destinasi di Tanah Air.
Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan dan Pengembangan Pasar Eropa, Timteng, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya mengatakan pasar pariwisata di kawasan Nordic sebagai bagian dari Eropa merupakan salah satu potensi pasar yang besar. Dengan peningkatan jumlah wisman Nordic yang terus tumbuh dari tahun ke tahun, langkah-langkah untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di pasar Nordic dianggap sebagai upaya yang strategis.
Selama ini, jumlah kunjungan wisman Finlandia ke Indonesia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tercatat pada 2010 sebanyak 13.740 orang, pada 2011 sebesar 14.117 orang, pada 2012 sebesar 14.828 orang, pada 2013 sebesar 15.949 orang, pada 2014 sebesar 17.395 orang, pada 2015 sebesar 17.948, dan 2016 lebih dari 18.000 orang. Tahun ini Indonesia menargetkan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yaitu naik setidaknya 3 persen.