Bulukumba: Negeri Pembuat Kapal Pinisi

Kabupaten Bulukumbaterletak di ujung paling selatan Semenanjung Sulawesi Selatan, atau sekitar 153 km dari selatan kota Makassar. Bulukumba dianugrahi alam yang indah dan menyimpan keajaiban menawan tersembunyi di pantai dan bawah lautnya. Bahkan berinteraksi dengan wajah-wajah baru masyarakat setempat yang berbudaya maritim adalah hal yang akan sangat berkesan bagi Anda nantinya. 

Kabupaten Bulukumba dikenal juga sebagai Butta Panrita Lopiatau “Bumi Pembuat Pinisi”. Masyarakat Bulukumba memang sejak dahulu memiliki keahlian sebagai pembuat ulung kapal pinisi yang merupakan kebanggaan orang Bugis. Hingga saat ini keterampilan mereka bahkan didengar dan dihargai oleh berbagai pihak dari mancanegara.

Menurutnaskahkuno“I La Galigo,kapal layarpinisi  sudah sudah menjadi tradisisejakabad ke-14. Kapal layartradisional tersebutsebagian besardibuatdidaerah yang disebutTanahBeru,terletak sekitar23kmdari ibukotaBulukumba, atau 176kilometerdari Makassar.

Di sepanjangbibir pantaiTanahBeru, Anda akan melihatpuluhandermaga tempat di manakapal layarpinisi  dibuat oleh tangan-tangan handal bermodalkan ilmu kearifan lokal yang diwariskan. Tangan trampil orang Bugis dengan jiwa seni yang luar biasa membangun kapal layar pinisi sehingga menjadi lambang pelaut Indonesia. 

Kapal layar Pinisi  dikonstruksi menggunakan peralatan tradisional dengan teknik tradisional yang sudah di wariskan dari generasi ke generasi. Pembagunan kapal layar ini tidak hanya menggunakan kekuatan dan teknik semata. Penduduk setempat percaya, kekuatan supranatural juga berada dibalik pembaguan kapal megah tersebut.Di setiap tahappembuatan pinisi  memerlukanritualdan upacarayang harus dipatuhi.

Informasi lanjut mengenai pembangunan kapal layar pinisi  dapat ditemukan di lama Kapal Layar Bugis Pinisi

Melihatkapal layarpinisiyang megahsedang dibangun, berinteraksi dengan masyarakat tradisional, menikmatipantaiberpasir putih, atau menjelajahikeindahanbawah lautnya adalah pengalamanluar bisa dapat Anda peroleh selama di Bulukumba,Sulawesi Selatan.

Kata”bulukumba” sendiri diyakiniberasal darifraseBugis yaitu”bulu’kumupa”, yang diterjemahkan,“masih gunung milik saya atau tetap gunung milik saya”. Namatersebut muncul abad ke-17, ketika perangantarakerajaanGowadan Bone. Saat ituGunungLompobattangyang dikenal sebagai “Bengkeng Buki”diklaim olehKerajaanGowa. KerajaanBone membantahklaim tersebut danmempertahankandaerah itu.Daripertempuran keduanyatercetuslah kalimat dalam bahasa Bugis “bulu’kumupa!” atau “masihgunung saya”. Secara bertahappengucapannyamengalami perubahan menjadi “Bulukumba“.

Bulukumbamenjadi rumahdari kelompoketnisyang disebutKajang. Selama berabad-abadmerekatinggal di daerahpedalamanyang disebutTana.Sampaihari ini, etnis Kajangmasihmempraktekan tradisi kuno dancara hidupyang mengajarkanmanusia untukmempertahankan keharmonisandengan alam. Mereka hidupdalam kesederhanaan, tidak adarumah-rumahyang memilikiperabotan,listrik, danperalatan modern lainnya.Bagi etnis Kajang,modernitasdilihat sebagai nilai yang menyimpangdariaturan-aturanadatdan ajaranleluhur mereka. Sehari-harinya mereka mengenakanpakaianhitam.

Kegiatan 

Sebagai kabupatenyang kayakemegahanalam danbudaya. Lokasinya yang dekatdenganMakassarmembuatnya menjaditujuan alternatifyang ideal. Bulukumbamenawarkan banyak atraksi wisata. Setelah mengunjungidermagapinisi  diTanaBeru, pantaiberpasirputih danberair yang tenangakan menarik minat Anda untuk berenang, bermain-mainatau hanyamembaringkan tubuhdi bawah mataharitropis.

Lebih jauh ke arah selatan, di ujungpaling selatan,sekitar 200kmdari Makassar, ada Pantai Tanjung Birayang berpasir putih, berair jernih, serta angin yang memanjakan tubuh menunggu Anda. Matahari terbit dan terbenam membentang begitu mengagumkan di cakrawala. Di sini terdapat Amatoa Resort yang menyajikan pemandangan pasir putih spektakuler, menjadikan tempat ini layak untuk berjemur, snorkeling atau menyelam.

Tidak terlalu jauhdari sana,Kepulauan LiukangdanKambingmenyambut langkahpengujung di alamnya yangmasih alami.Terdapat beberapa perahudi sepanjang pantaiberkenanmembawa Andaberkeliling ke pulau-pulau sekitarnya. 

Perairan Tanjung Bira dan sekitar Pulau Selayar juga idealuntuk kegiatan menyelam. Di sekitarBira terdapatterumbukarangtetapi pemandangan batu karang yang paling indah adalah dindingkarang terjal diPulauKambingdi manalempenganbatutajamberada diantaraBiradan Selayar. Di siniterumbu karang dan ribuan ikan berenang ke sana kemari dan menjadi daya tarik yang sulit untuk dilewatkan. 

Lebih jauh dari Bulukmba ke Kepulauan Kambing dan Liukang menawarkankeajaibanbawah lautdan biotanya. Di sepanjang jalanke dekatPulau Selayar, ada surga bawah lautBulukumbadengan airyang masih jernihuntukkegiatan menyelam. Bahkan keindahan tempat inilayak disandingkan dengan kegembiraanmenyelamRajaampat, BunakendanWakatobi.

Akomodasi 

Pilihanakomodasi yang tersediadi KabupatenBulukumbabervariasi darihotel berbintangdanresor hingga penginapansederhana ataupondokbackpacker.Berikut beberapaakomodasiyang dapat Anda temukan di Bulukumba:

Salassa Guest house
Internet, kafe, restoran, tourist information, sepeda motor dan penyewaan mobil. 

Penginapan Tanjung Bira
AC, sarapan pagi
Telp: 085824635570 24 jam

Penginapan Pasir Putih Bira
Telp: 0811 420 1028      

Kalubimbi Cottage
Bira
Telp: 085656 456 853      

Wisma Ala Din Homestay
Telp: 085 299 7021 68/ 0815 4328 8159      

Riswan Bungalows
Banana boat
Telp: 085 341 664 955

Nusa Bira Indah Cottage
Jl. Kapongkolang

Penginapan Bukit Sawerigading
Telp: 081342242318

Bira Beach Hotel and Restaurant
Jl. Kapongkolang No. 2
Telp: +62 413 270 2034

Hotel Sapolohe
Telp: Tepat di tepi pantai Pasir Putih

Anda Beach Hotel and Restaurant
Telp: +62 413 258 9065|+62 81 355 963 628  

Bahagia Pondok Wisata Hotel
Jalan Bira, Bulukumba 92571
Sulawesi Selatan Indonesia
Telp: (0413) 83599

Awal Fajar Wisma
Jl Pisang 19, Bulukumba 92511
Sulawesi Selatan / South Sulawesi
Telp: 0413-81267

Anda Bunglows
Jl. Kapongkolang No. 6 Bira
Telp: (0413) 82125

Bira View Inn
Telp: (0413) 82043 – 81763
Perwakilan di Makassar:
Telp: (0411) 867336 

Informasi lebih lanjut mengenai hotel-hotel di Bulukumbah tersedia di http://birabeachhotels.com

Informasi akomodasi lainnya tersedia di cari hotel.

Kuliner 

Kuliner khas Bulukumbah yang patut Anda cicipi adalah sambala pette (sambal petai china), tumis cukka dan paccala pippi coli. Anda bisa menemukan hidangan ini di resoran-restoran di Bulukumbah.

Transportasi 

Bandara InternasionalHasanuddindi Makassarmelayani penerbangandari danke kota-kotabesar di Indonesiatermasuk Jakarta,Bali, Yogyakartadan Surabaya. Tersedia pula penerbangandari Malaysiamenggunakan AirAsia dandari danke Singapuradengan Garuda Indonesia. 

Untuk mencapaiBulukumba, Anda bisa langsung daribandarake terminalMalengkeridi Makassardengan taksisekitar Rp40.000,-. Dariterminal,Andadapat naik bus atauangkutan umumlainnya ke Bulukumba sekitar2-3 jam dengan biaya mulai dariRp35.000,-

Setelah Anda mencapaipusat kotaBulukumba, bisa menuju Pantai Biradengan menggunakanpete-peteminibussekitarRp8.000,-sampai Rp10.000,-. Dermaga Pinisi  TanahBeruberada di sepanjangjalan ini.

Di Pantai TanjungBira,angkutan umumberoperasihanya sampaisore hari. Jika Andaingin kembalike Makassar, Anda bisa menyewa mobildengan ongkos sekitarRp500.000,-.