Wonderful Indonesia Co-Branding dengan Artis Entrepreneur dan Brand Korporat

Kementerian Pariwisata melakukan sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia dengan 21 brand artis entrepreneur. Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dilakukan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dengan para Artis Entrepreneur sekaligus melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 19 brand korporat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa (14/11).

Co-branding WI dengan artis entrepreneur sebagai endorser akan sama-sama mengembangkan kerjasama promosi melalui media jaringan yang dimiliki oleh para endorser (infotainment) maupun media jaringan Kemenpar. Diharapkan program itu dapat menyukseskan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019 mendatang.

Artis-artis yang terlibat dalam Co-branding WI berikut ini.

1. Prilly Latuconsina

2. Rossa

3. Baim Wong

4. Dewi Sandra

5. Shireen Sungkar

6. Dhini Aminarti

7. Dimas Seto

8. Dude Herlino

9. Irfan Hakim

10. Omesh

11. Oki Setiana Dewi

12. Ria Ricis

13. Fitri Carlina

14. Ussy Sulistyowati

15. Ivan Gunawan

16. Indra Bekti

17. Teuku Wisnu

18. Gracia Indri

19. Irwansyah

20. Cathy Sharon

21. Denny Cagur

Artis entrepreneur yang melakukan kerja sama co-branding dengan Wonderful Indonesia adalah di bidang usaha kue (cake), yaitu: Minang Mande Cake milik artis Rossa ; Brand Banana Foster Cake milik artis Henki Kurniawan ; Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra); Rain Cake (Shireen Sungkar); Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto); Scrummy (Dude Herlino); Premio (Baim Wong); Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh), Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi); Reallycake (Prilly Latuconsina); Pekanbaru Cassata (Denny Cagur) ; Savvanacake (Fitri Carlina); Lenso Manado (Gracia Indri); Cirebon Sultana (Indra Bekti); Palembang Lamonde (Irwansyah) ; Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi). Selain itu, ada pula brand di bidang fashion antara lain: brand Mandjha.ivangunawan (Ivan Gunawan); Urban Lips (Cathy Sharon); dan Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

Kerjasama co-branding WI dengan artis entrepreneur tersebut dilandasi semangat Indonesia Incorporated.

“Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar. Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand PI di pasar domesik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan ‘bigger-broader-better together. Inisiatif co-branding partnership ini untuk memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI/PI yang terlihat dari brand equity yang kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir. Brand WI/PI kini kian melejit di tengah menurunnya kinerja brand-brand pesaing regional,” kata Arief Yahya.

Co-Branding Wonderful Indonesia merupakan bagian dari program co-branding partnership Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) yang telah menggandeng brand kenamaan Indonesia di dalam dan luar negeri pada saat peluncuran WICF pada Agustus 2017. Tujuannya adalah meningkatkan brand equity dari brand WI di pasar global dan brand Pesona Indonesia (PI) di pasar domestik dalam menopang terwujudnya sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia.

Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) sendiri merupakan sebuah forum yang digagas Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk mengajak brand-brand di Tanah Air berpartisipasi mempromosikan pariwisata Indonesia melalui co-branding partnership dengan brand Indonesia yaitu Wonderful Indonesia (untuk pasar global) dan brand Pesona Indonesia (untuk pasar domestik). Upaya tersebut juga sebagai sharing resources antara kedua brand yang ber-cobranding sehingga menghasilkan penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama.

Seperti diketahui bahwa branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia semakin kuat di dalam dan luar negeri. Posisi competitiveness index pariwisata Indonesia dalam peringkat World Economic Forum juga melesat di posisi 42 naik tajam dari posisi 70 di tahun 2015. Bahkan, selama 2016 branding tersebut memenangi 46 event di 22 negara dan pada 2017 merebut juara 11 events di 6 negara. video “Wonderful Indonesia” menjadi juara Kompetisi Video Organisasi Pariwisata Dunia PBB (United Nations World Tourism Organization/UNWTO).

Kementerian Pariwisata menargetkan 100 co-branding hingga akhir tahun 2017, terdiri dari premium produk yang memiliki daya beli tinggi dan produk-produk yang menggunakan bahan dasar dari Nusantara. Hingga saat ini sudah 28 pemilik brand nasional dan international berkolaborasi co-branding dengan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

Berikut ke-28 Merek Brand Lokal Ternama yang MoU Co-branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia, yaitu: Martha Tilaar, JJ Royal, Polygon, Sahid Group, Tiket.com, Alleira, Sunpride, sarinah, Rumah Zakat, Sido Muncul, Sekar Group, Javara, Krisna Oleh-oleh, Secret Garden, Sababay Winery, Bon Gout, Archilles, Garuda Food, Batik Trusmi, Dapoer Solo, Malang strudel, Datascript, CRP (Warunk Up Normal), Telkomsel, Batik Danar Hadi, TVRI, Kalbe Farma, KARA, dan PT Pos Indonesia.

Co-branding merupakan partnership antara dua brand berbeda dan biasanya sepadan kekuatan ekuitas mereknya (brand equity). Tujuannya adalah sinergi serta dapat menghemat biaya masing-masing building brand. Co-branding adalah alat ampuh untuk menarget segmen pasar yang sama sekaligus memperluas jangkauan pasarnya. Co-branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dengan brand-brand di Tanah Air adalah bentuk kolaborasi Indonesia Incorporated antara pemerintah dengan kalangan bisnis.