Sekira 28 pemilik brand nasional dan international berkolaborasi co-branding dengan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Hal tersebut seiring dengan semakin kuatnya branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di dalam dan luar negeri. Bahkan, selama 2016 bramding tersebut memenangi 46 event di 22 negara dan pada 2017 merebut juara 11 events di 6 negara.
Dalam forum khusus di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, (10/8), Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan kepada 100 pengusaha dan 28 pemilik brand nasional dan international bahwa branding Wonderful Indonesia sejak 2015 telah menyalip dua rivalnya di ASEAN dengan naik fantastis di peringkat 47 dunia, Malaysia di 96 lalu Thailand 83.
Seiring dengan itu, Menpar menjelaskan bahwa sejak 2016, pariwisata Indonesia termasuk top 20 yang pertumbuhannya paling cepat di dunia. Naik 22,4%, jauh melebihi Malaysia, Thailand dan Singapura yang tidak sampai 5%. Hanya Vietnam, satu-satunya negara ASEAN yang sama bertumbuh cepat 24%.
Oleh karena itu, para pengusaha semakin yakin berkolaborasi dengan Kemenpar. Di forum itu, 28 Brand Nasional dan International akhirnya resmi menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata. Semua berkolaborasi, menyatukan kekuatan untuk menyandingkan dan mempromosikan Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI) di produk-produk yang dipasarkan.
“Co-Branding akan menargetkan 100 brand hingga akhir tahun 2017, terdiri dari premium produk yang memiliki daya beli tinggi dan produk-produk yang menggunakan bahan dasar dari Nusantara,” ucap Arief Yahya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan alasan kuat mengapa mengandeng ke 28 brand ternama tersebut adalah demi memperkuat brand Wonderful Indonesia dan juga memperkokoh spirit Indonesia Incorporated. Diharapkan semua brand nasional dan international top bersama-sama mempromosikan Wonderful Indonesia untuk disandingkan dengan brand masing-masing.
Apresiasi tinggi langsung dilayangkan Menpar kepada brand-brand yang mau diajak berkolaborasi dengan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Apalagi, semangatnya dilandasi spirit Indonesia Incorporated.
“Kita menyadari, Kemenpar ini kan terbatas budget promosinya. Karena itu dibutuhkan Co Branding, kolaborasi dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated,” kata Menpar Arief Yahya.
Di kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti menambahkan, ke-28 brand terkenal itu sudah memenuhi tiga persyaratan yang telah ditetapkan.
“Semuanya telah memenuhi tiga kriteria utama seperti merupakan premium product, merupakan produk Indonesia dan memiliki jarngan distribusi nasional dan internasional. Nantinya Co-Branding ini akan dilakukan secara periodik per tiga bulan. Harapannya, jumlahnya akan terus bertambah sekaligus membuktikan kolaborasi Indonesia Incorporated antara Pemerintah dan kalangan bisnis berjalan dengan baik. Semua dilandasi dengan spirit hari Kemerdekaan ke-72 yang sarat nasionalisme,” ujar Esthy.
Berikut ke-28 Merek Brand Lokal Ternama yang MoU Co-branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia
- Martha Tilaar
- JJ Royal
- Polygon
- Sahid Group
- Tiket.com
- Alleira
- Sunpride
- sarinah
- Rumah Zakat
- Sido Muncul
- Sekar Group
- Javara
- Krisna Oleh-oleh
- Secret Garden
- Sababay Winery
- Bon Gout
- Archilles
- Garuda Food
- Batik Trusmi
- Dapoer Solo
- Malang strudel
- Datascript
- CRP (Warunk Up Normal)
- Telkomsel
- Batik Danar Hadi
- TVRI
- Kalbe Farma
- PT Pos Indonesia